Senin, 02 November 2009

J2ME Overview

Bila dibandingkan dengan WAP (wireless application protocol) dengan bahasa pemrograman markup languange-nya yaitu WML (wireless mark up language) maka J2ME memiliki beberapa kelebihan yang berarti. WML sendiri memiliki beberapa kekurangan yaitu : Small display dan limited user input facility. Must always connected. Biasanya devices-nya memiliki memory dan computational resources yang terbatas.

Teknologi J2ME ditujukan untuk cakupan user yang luas sekali dari mulai handphone hingga set-top-box yang powerful seperti halnya sebuah komputer yang dilengkapi dengan J2SE atau J2EE.
J2ME memiliki beberapa keunggulan yaitu : 
Sebagaimana kekhasan aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java maka aplikasi J2ME memiliki ciri running any where, any time, over any device. Aplikasi dapat dijalankan secara on-line maupun off-line. Memiliki kode yang portable. Safe network delivery Aplikasi yang ditulis dengan J2ME akan memiliki kompatibilitas yang tinggi dengan platform J2SE dan J2EE.

Dalam J2ME dibagi menjadi dua bagian besar yang dikenal sebagai configuration dan profile. Dua istilah ini sangatlah penting dalam pengembangan aplikasi wireless dengan Java sehingga harus dipahami dengan baik.

J2ME configuration mendefinisikan lingkungan kerja J2ME runtime. Oleh karena handheld devices memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda, J2ME configuration dirancang untuk menyediakan library standar yang mengimplementasikan fitur standar dari handheld devices.

Configuration merupakan Java library minimum dan kapabilitas yang punya oleh para pengembang J2ME , yang maksudnya sebuah mobile device dengan kemampuan Java akan dioptimalkan untuk menjadi sesuai. configuration hanyalah mengatur hal-hal kesamaan sehingga dapat dijadikan ukuran kesesuaian antar device. Dalam J2ME telah didefinisikan dua buah konfigurasi yaitu

- Connected Limited Device Configuration (CLDC) untuk perangkat kecil

- Connected Device configuration (CDC) untk perangkat yang lebih besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar